Langsung ke konten utama

Pos

Entri yang Diunggulkan

SEPERTI MATI
Duhai kekasih, Engkau yang terdiam Bagai seonggok patung penyangga bumi, Dalam lamunan
                Bagilah apa yang ingin kau bagi,                 Saat diam-mu kian menyiksa,                 Apatah kata hanya tatapan syahdu                 Yang kulihat darimu
Duhai kekasih, Mengapa engkau terdiam? Saat durjana-durjana cinta melukai hati, Dengan sembilu  yang menusuk jantung,
                Pada akhir di mana,                 Kau serahkan semua pada Tuhan                 Atas kekecewaan yang mendalam
                Pada dunia, pada bumi,

Pos terbaru

Sajak Sakit Hati

MERPATI TANPA SAYAP

Sejuta cinta Tak mengubah makna, Saat cinta terhalau cinta, Meski telah musnah raga, Namun jiwa melayang-layang Mencari sang pemilik cinta Satu jiwa
                Bagai seekor merpati                 Kehilangan sayap,                 Hendak meraih mimpi,                 Tak kunjung terukir,                 Hanyalah sebatas nestapa kalbu
Kefanaan Dalam sejuta cinta Kisah Romeo & Juliet.

Cara menulis Diary dalam novel

Cara menulis diary pada novel Apakah kamu suka menulis diary?
Apa kamu suka menuliskan uneg-uneg dan curhatan di dalam buku diary?
Dan sekarang telah berganti menjadi notes.
Yang bisa ditulis melalui gadget-gadget Anda. Tentunya jika ponsel Anda hilang, hilanglah semua catatan harian Anda.
Mau tak mau cara terbaik adalah setelah menulis notes, kirim ke email pribadi kalian agar tidak hilang.
Mau tak mau kembali ke cara lama justru lebih baik,karena juga melatih kelenturan jari dan lebih membuatnya berbeda.
Saat menulis di manapun bisa. Tapi berbeda dengan jika kamu punya catatan harian yang tidak biasa.

Aku merindukan lelaki itu

Hati dan cinta Hai kau, aku disini kangen kamu...
Ingatkah kau pada ciuman di atas angin dulu? Hai kau, aku disini ingin kamu...
Ikutlah aku terbang tinggi di awan biru...
Mari kita berpelukan dalam rasa,
Rasa tertahan oleh belenggu kehidupan.
Merantai diri sendiri,
Hai kau, aku ingin melanggar aturan Tuhan... Oh, apakah Tuhan sekeji itu?
Atau manusialah yang menjadi Tuhan? Tak ingin kudengar cercaan,
Sebab cinta kita terlalu suci untuk dicerca... Biarlah kita menyembunyikan rasa ini... Rindu yang terbelenggu

Cara mendapatkan SLEP saat akan menulis novel

SLEP...!
Tidak mudah seorang penulis mendapatkan SLEP saat akan mengawali cerita atau mulai menulis. Sebab, untuk mendapatkan SLEP, seseorang harus melakukan perenungan dulu selama beberapa waktu. Mungkin sebelum itu, ia berganti-ganti menulis cerita atau mendapatkan ide yang campur aduk. Sebelum mendapatkan SLEP, tentunya penulis itu akan kebingungan dalam kefokusannya menulis.

Mengapa?
Sebab ia belum dapat SLEP itu! SLEP itu apa sih? Ya, hanya penulis-penulis handal yang bisa mendapatkannya. Mungkin saja ada novel yang terasa garing, hambar atau gimana en terasa biasa, mengapa hal itu bisa terjadi? Ya itu tadi, sebab ia tidak mendapatkan SLEP tapi terus menulis asal menulis, asal selesai dan produktif.

Hasilnya? Ya nggak ada SLEP-nya, SLEP itu ibarat kita menemukan makanan yang enak, like ngidam gitu deh! Kalau nggak dapat, bakal nggak tenang, kalau sudah dapat, wuahhh senangnya... laksana bisa terbang kelangit ketujuh.

Nah, sama kayak kita nonton film yang kerasa nggak banget!! Itu…

Tentang alur cerita

Ngomong-ngomong tentang alur...

btw, apa sih alur itu? Boro-boro ngomongin alur? Waktu aku belajar nulis secara otodidak saja, aku sama sekali nggak tahu tuh tentang artinya ALUR? Alur cerita..., yang menurutku ya arah jalan cerita aja. Tapi tentang arti sebenarnya yang dijelaskan secara gamblang, sampai sekarang aku malah nggak pernah ngerti tuh!

Terus gimana cara buat alur yang bagus. Buat alur bagus? Nggak kepikiran kaleeee. Jadi nggak ada istilah rumus bagaimana cara buat alur yang bagus, yang ada itu pikiranmu yang harus bagus. Sebab alur tak butuh rumus.

Just nulis!! Itu aja, penting nggak sih menjaga alur?
PENTING sekaligus PENING..., coba kau lihat kalau hilang huruf 'T' saja artinya sudah berubah bukan? Ya, alur itu bikin pening karena di dalamnya berisi arah cerita yang terpenting.

Jadi, usahakan kamu nggak sering ngalami penyakit AMNESIA deh! Sebab si penjaga alur itu otak memori kamu!

Jangan sering jatuh2in kepala ato jedotin kepala ke tembok kalo lagi kena virus m…